you're reading...
Uncategorized

Shalat Melunasi Hutang

Shalat Melunasi Hutang

Dalam kehidupan sosial, hutang-piutang merupakan hal biasa dan bagian dari muamalah. Berhutang bukan tindakan tercela selama tidak berniat untuk tidak melunasinya. Di antara orang-orang yang dilaknat oleh Rasulullah saw adalah orang yang berhutang dengan niat tidak membayar.

Ketika hendak berhutang, seseorang sudah mempertimbangkan dan memikirkan pelunasannya. Namun, seringkali apa yang direncakan tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya, usahanya gagal atau bangkrut, atau kebutuhannya bertambah banyak. Ketika itu, kepada siapa lagi kita bergantung selain kepada Allah Swt. Oleh karena itu, dalam sejumlah riwayat diajarkan cara menghadapi keadaan itu. Berikut ini adalah beberapa cara shalat yang mereka ajarkan untuk terbebas dari hutang:

Imam Ja’far Shadiq meriwayatkan dari ayah-ayahnya bahwa seseorang datang kepada Nabi saw, lalu mengeluh, “Wahai Rasulullah, aku memiliki tanggungan keluarga dan aku dililit hutang, sementara keadaanku sangat sulit. Ajarilah aku sebuah doa yang bila aku membacanya, Allah Azza wa Jalla memberiku rezeki untuk melunasi hutang dan mencukupi kebutuhan keluarga.” Rasulullah saw menjawab, “Wahai hamba Allah, berwudhulah dengan sempurna dan sebaik-baiknya, lalu shalatlah dua rakaat dengan rukuk dan sujud yang sempurna. Setelah selesai shalat, bacalah doa berikut.”

 يَا مَاجِدُ يَا وَاحِدُ يَا كَرِيمُ يَا دَائِمُ أَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّكَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ ص يَا مُحَمَّدُ يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أَتَوَجَّهُ بِكَ إِلَى اللهِ رَبِّكَ وَ رَبِّي وَ رَبِّ كُلِّ شَيْ‏ءٍ فَأَسْأَلُكَ اللَّهُمَّ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ أَهْلِ بَيْتِهِ وَ أَسْأَلُكَ نَفْحَةً كَرِيمَةً مِنْ نَفَحَاتِكَ وَ فَتْحاً يَسِيراً وَ رِزْقاً وَاسِعاً أَلُمُّ بِهِ شَعْثِيْ وَ أَقْضِي بِهِ دَيْنِي وَ أَسْتَعِينُ بِهِ عَلَى عِيَالِي

Wahai Yang Mahaagung, wahai Yang Mahaesa, wahai Yang Mahamulia, wahai Yang Mahakekal, aku menghadap-Mu melalui nama Muhammad, Nabi-Mu, Nabi pembawa rahmat; wahai Muhammad, wahai Rasul Allah, sungguh melalui namamu aku menghadap kepada Allah, Tuhanmu, Tuhanku, dan Tuhan segala sesuatu. Maka aku memohon-Mu, ya Allah, agar Engkau menganugerahkan shalawat kepada Muhammad dan Ahlulbaitnya, aku memohon anugerah-Mu berupa kemenangan yang mudah dan rezeki yang lapang sehingga aku dapat menghimpun kekuatanku, melunasi utangku dan mencukupi kebutuhan keluargaku.

(Diambil KAMUS SHALAT, Penerbit ARIFA, Jakarta).

About Pesantren Awliya

Sebuah Pesantren Baru yang konsen terhadap pemberdayaan masyarakat urban yang termarginalisasi oleh industri kapitalisme

Diskusi

One thought on “Shalat Melunasi Hutang

  1. salam ustaz syukran mohon copy.

    Posted by karl bakawali | 16 Mei 2012, 9:04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kebun Cinta

Arsip Artikel

Lembah al-Ghadir

SALAM BAHAGIA..!
Desa Pagerwangi Punclut Kecamatan Lembang - Bandung

Rekening Donasi

Bagi Bapak, Ibu dan Sahabat yang berkenan membantu kegiatan dakwah sosial kami & peningkatan konten blog, dapat berkontribusi ke:
Bank Mandiri Cabang DAGO
Norek: 131-00-0595266-0
a/n : Yayasan Awliya Bandung.
Saran-saran via SMS ke kami:
022-70578825

Blog Stats

  • 174,495 hits

Percikan Telaga

"Dunia adalah tempat ibadahnya para Nabi Allah dan tempat turunnya wahyu serta tempat shalatnya para malaikat, juga tempat berdagangnya para wali Allah."
[Imam Ali bin Abi Thalib]

Juru Kunci

Pengelolaan blog/site ini telah menggunakan perangkat lunak OPEN SOURCE (Linux Ubuntu 10.04 LST) .
%d blogger menyukai ini: