you're reading...
Uncategorized

Mengapa..?

Mengapa warisan untuk pria lebih besar jumlahnya daripada untuk wanita?

Imam Ridha berkata : “Karena pada saat menikah wanita mengambil mas kimpoi, sedangkan pria memberi; pria bertanggung jawab untuk mencukupi dan memberi nafkah keluarganya, sedangkan wanita tidak bertanggung jawab untuk memberi atau menyediakan nafkah untuk pria sebagaimana firman Allah : ‘Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita sebab Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.'” (sumber : ‘Uyun Akhbar ar-Ridha, jil 2, hal 98, atau ‘Ilal asy-Syarai hal 570. QS An-Nisa : 34)

Apa sebab Jenazah wajib dimandikan?

Imam Ridha berkata : “Karena saat seseorang wafat, tubuhnya masih penuh dengan najis, kotoran dan penyakit. maka si jenazah itu ingin dalam keadaan suci saat berhadapan dengan penyandang kesucian dari kalangan malaikat yang menyambut dan mengitarinya, demikian pula dia ingin dalam keadaan bersih manakala menghadap Allah.” (‘Uyun Akhbar ar-Ridha, jil 2, hal 105)

Apa sebab jenazah harus dikubur?

Imam Ridha berkata : “Agar manusia tidak melihat kehancuran jasadnya, keburukan penampilan dan kebusukan aromanya. demikian pula agar manusia yang masih hidup tidak terganggu dengan baunya badannya yang menyengat dan agar dia tertutup dari kawan dan lawan hingga musuh tidak mencacinya atau teman bersedih untuknya.” (Al-Bihar juz 82, hal 46)

Riwayat lain dari Imam Baqir : “Karena Allah SWT menciptakan makhluknya dari sari tanah, maka setiap manusia kembali ke tanah” (‘Ilal asy-Syarai hal 308)

Mengapa laki-laki boleh menikah sampai empat dan wanita tidak boleh lebih dari satu?

Imam Ridha berkata : “Sebab kalau laki-laki menikah empat, anaknya tetap dinasabkan kepada sang ayah. Kalau wanita memiliki dua suami atau lebih, maka nasab anaknya akan menjadi kabur lantaran beberapa lelaki telah menggaulinya. Dan hal itu adalah penyebab rusaknya tatanan, hukum waris dan peradaban manusia.”

Mengapa mesjid harus diagungkan ?

Imam Shadiq berkata : “Karena masjid adalah rumah Allah di bumi”.

Mengapa Allah mewajibkan mandi setelah keluar mani dan tidak wajib setelah buang air kecil atau besar?

Nabi saw bersabda : “Sesungguhnya sewaktu Adam as memakan buah-buahan dari pohon khuldi, makanannya berubah menjadi keringat pada kulit dan rambutnya. Demikian pula saat seseorang menggauli istrinya, keluarlah air dari setiap pori-pori dan rambutnya. Itulah sebabnya mengapa Allah mewajibkan keturunan adam untuk bersuci setelah jenabat. adapun kotoran kecil (kencing) keluar dari sari minuman yang diminum manusia dan kotoran besar (berak) keluar dari sari makanan yang dimakan, maka bagi mereka hanya diwajibkan untuk berwudhu.” (Amali Ash-Shaduq, hal 160)

Mengapa mayat yang dikubur harus menghadap kiblat?

Imam Shadiq berkata : “Dahulu ada seseorang bernama Barra bin Ma’rur Al-Ansari yang hidup di madinah sedangkan Rasul Allah Saw waktu itu masih di mekah dan kaum muslim saat itu masih berkiblat ke Baitul Maqdis. Dia berwasiat agar saat wafat jenazahnya dikubur dengan wajah menghadap ke Rasul Allah Saw berada, kemudian itu dijadikan sebagai sunnah.”

Mengapa Allah tetap membinasakan Fir’aun padahal ia bertobat?

Imam Ridha berkata : “Karena dia beriman setelah melihat kedahsyatan malapetaka (menjelang kematian). Padahal orang yang beriman setelah melihat malapetaka tidak dikabulkan.” (‘Uyun Akhbar ar-Ridha jil 2, hal 77)

by Sri Wastini on Friday, May 20, 2011 at 3:30pm

About Pesantren Awliya

Sebuah Pesantren Baru yang konsen terhadap pemberdayaan masyarakat urban yang termarginalisasi oleh industri kapitalisme

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kebun Cinta

Arsip Artikel

Lembah al-Ghadir

SALAM BAHAGIA..!
Desa Pagerwangi Punclut Kecamatan Lembang - Bandung

Rekening Donasi

Bagi Bapak, Ibu dan Sahabat yang berkenan membantu kegiatan dakwah sosial kami & peningkatan konten blog, dapat berkontribusi ke:
Bank Mandiri Cabang DAGO
Norek: 131-00-0595266-0
a/n : Yayasan Awliya Bandung.
Saran-saran via SMS ke kami:
022-70578825

Blog Stats

  • 174,495 hits

Percikan Telaga

"Dunia adalah tempat ibadahnya para Nabi Allah dan tempat turunnya wahyu serta tempat shalatnya para malaikat, juga tempat berdagangnya para wali Allah."
[Imam Ali bin Abi Thalib]

Juru Kunci

Pengelolaan blog/site ini telah menggunakan perangkat lunak OPEN SOURCE (Linux Ubuntu 10.04 LST) .
%d blogger menyukai ini: